Semua itu tentu sah-sah saja karena pada dasarnya semua itu bertujuan untuk mengambil peran aktif dalam memberikan sumbangan nyata kepada masyarakat dalam kegiatan yang jauh dari motivasi komersial dan keuntungan materi. PT Johnson&Johnson Indonesia menjadi salah satu perusahaan yang melakukan hal itu dalam kiprah bisnisnya di Indonesia. Setidaknya perusahaan itu setidaknya mengembangkan empat garis besar program CSR di Indonesia.
Pertama, Program Bidan Delima bekerjasama dengan Ikatan Bidan Indonesia. PT Johnson&Johnson Indonesia membantu program peningkatan kualitas bidan praktek swasta di Indonesia, yang sudah dilaksanakan di lebih 14 provinsi sejak beberapa tahun yang lalu. Kedua, Program imunisasi anak Indonesia, bekerjasama dengan UNICEF. Program ini untuk membantu membiayai usaha untuk mencapai 100% imunisasi lengkap anak-anak Indonesia di wilayah Maluku.
Ketiga, Program Manajemen Rumah Sakit, bekerja sama dengan Fakutas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia dengan tujuan meningkatkan kualitas manajemen rumah sakit di Indonesia. Keempat, Program Duta Air dan Sanitasi, bekerjasama dengan Forum Komunikasi Air Minum (Forkami). Dalam program ini, PT Johnson&Johnson Indonesia menjadi penyandang dana terbesar untuk periode 2009-2010 yang menjalankan kegiatan mendidik murid-murid dan guru-guru di 16 sekolah di Jakarta agar sadar akan pentingnya konservasi air dan sanitasi.
Program CSR adalah program yang seharusnya menjadi bagian dari alasan berdirinya sebuah perusahaan. Karena, hanya perusahaan-perusahaan yang bermanfaat bagi seluruh pihaklah yang akan dapat berdiri lama, langgeng, dan sukses, seperti yang telah dibuktikan dalam kiprah PT Johnson&Johnson Indonesia.
Gandeng PKPU Lakukan Program CSR
PT Johnson&Johnson Indonesia mempercayakan program penyaluran bantuan bagi korban gempa di Tasikmalaya, Jawa Barat, dengan mengirimkan bantuan langsung ke posko PKPU di beberapa titik selama bulan Ramadan 2009 lalu. Hal yang sama dilanjutkan untuk program bantuan bagi korban gempa di Sumatra Barat. Lewat PKPU, PT Johnson&Johnson Indonesia menyalurkan bantuan dalam bentuk dana tunai bagi korban gempa di Ranah Minang.
Tidak hanya sampai disitu, melalui lembaga kemanusiaan nasional PKPU, PT Johnson&Johnson Indonesia mempercayakan program penyaluran bantuan bagi korban Merapi antara lain pakaian balita dan anak, susu balita, shampo anak, minyak kayu putih dan sabun bayi serta susu anak serta program trauma healing. Untuk penghijauan lingkungan, PT Johnson&Johnson Indonesia kembali mempercayakan PKPU secara bersama melakukan kegiatan penanaman 300 pohon flamboyan di daerah BKT Duren Sawit, pada Kamis 11 Nopember 2010.
Sebanyak 60 orang karyawan PT Johnson&Johnson Indonesia dikerahkan untuk menanam 300 pohon Flamboyan, di lokasi Banjir Kanal Timur (BKT), Duren Sawit, Jakarta Timur. Kegiatan penanaman pohon bertema “Happy Planting” oleh karyawan PT Johnson&Johnson Indonesia ini ingin menggambarkan kepada masyarakat bahwa penanaman pohon dapat dilakukan dengan mudah dan menyenangkan sehingga dapat memotivasi semua orang untuk menanam pohon demi kelestarian bumi.
PT Johnson&Johnson Indonesia memiliki banyak program CSR yang umumnya berbentuk program jangka panjang. Tujuannya yang jelas dan langkah-langkah pencapaian yang tertata rapi, bekerjasama dengan tim yang profesional untuk melaksanakan program tersebut. Dengan begitu, tidak mengherankan kiprah perusahaan itu ke depan akan tetap diikuti dengan pengembangan proyek-proyek CSR-nya dalam rangka ikut berkontribusi bagi pengembangan masyarakat Indonesia. (PKPU/Acep/JJ Indonesia)