JAKARTA - Mengelola corporate social responsibility (CSR) atau program sosial perusahaan menjadi tren baru yang terus berkembang dalam menjalankan operasi perusahaan di Indonesia. Maka tidak heran, banyak yayasan sosial yang lahir di belakang perusahaan yang berkiprah di sini.
Tujuannya sangat baik, agar kegiatan CSR bisa lebih optimal dan terprogram dengan target sasaran yang lebih jelas. Dengan begitu, CSR bukan sekedar memberikan uang atau materi kepada masyarakat sebagai obyek sasaran.
Akan tetapi merupakan program berkelanjutan dan terukur dalam upaya ikut berpartisipasi melakukan pemberdayaan masyarakat dari sisi ekonomi maupun bidang lainnya yang memungkinkan masyarakat sekitar ikut terangkat harkat dan martabatnya.
Hal itu pula yang mendasari berdirinya Coca-Cola Foundation Indonesia (CCFI) pada Agustus 2000 oleh PT Coca-Cola Indonesia dan PT Coca-Cola Bottling Indonesia. Misi pertama bergerak dari bantuan dunia pendidikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat Indonesia, demi terlaksananya kesejahteraan sosial serta pengembangan masyarakat Indonesia.
Tujuan utama CCFI adalah membantu penyediaan kesempatan belajar bagi masyarakat agar dapat menjadi warga negara yang produktif dan berwawasan. Banyak hal telah dilakukan dalam bidang pendidikan, mulai dari pengembangan dan peningkatan kapasitas perpustakaan daerah, hingga pemberian beasiswa bagi pelajar tanpa melibatkan organisasi khusus, sebagaimana setelah dibentuknya yayasan Coca Cola Indonesia dari kalangan masyarakat berekonomi lemah.
Dalam perjalanannya, kiprah CCFI yang tadinya terkonsentrasi di dunia pendidikan mulai berkembang dan masuk ke berbagai aspek kehidupan masyarakat, diantaranya program lingkungan serta pemberdayaan usaha kecil dan menengah. Pengembangan program kelestarian lingkungan dilakukan dengan berbagai kegiatan, antara lain proses edukasi lestari alam dengan menerbitkan buku pendidikan lingkungan.
Walaupun demikian, program bantuan pendidikan dan kepedulian sosial PT Coca-Cola Indonesia sendiri sudah berjalan jauh sebelumnya. Hanya saja saat ini lebih praktis dan optimal, sebab pengembangan program CSR sebelumnya berjalan dengan baik.
Respon dan bantuan terhadap korban bencana yang terjadi di Indonesia maupun luar negeri merupakan salah satu prioritas pengembangan dari CCFI. Diantaranya bantuan bagi korban gempa di Padang, Sumatra Barat tahun 2009 yang merupakan paket program terbaru dengan melibatkan Coca-Cola Foundation USA dari Atlanta, Amerika Serikat.
Bantuan bagi korban gempa di Padang, Coca-Cola Foundation Indonesia menggandeng lembaga nirlaba PKPU sebagai mitra dalam menggarap proyek asrama sekolah Ar Risalah di Lubuk Minturun Padang. Bersama PKPU, Coca-Cola Foundation Indonesia dan Coca-Cola Foundation USA mengerjakan pembangunan asrama dua tingkat bagi sekolah Ar-Risalah, Agustus 2010.
Asrama Ar-Risalah bantuan The Coca-Cola Foundation USA ini memiliki disain ramah gempa dan mampu menampung sebanyak 64 orang lebih dan secara resmi segera diserahterimakan dari PKPU Padang dan Coca Cola Indonesia mewakili The Coca-Cola Foundation USA selaku donatur kepada pihak Ponpes.
Program Coca-Cola Foundation Indonesia di Padang merupakan kerjasama pertama yang dikerjakan bersama dengan PKPU, sebagai lembaga sosial yang sudah mendapatkan pengakuan dari badan sosial PBB. Saat terjadi gempa dan tsunami di Mentawai, PT Coca Cola Indonesia kembali menggandeng PKPU untuk mendistribusikan bantuan. Bantuan itu diserahkan langsung oleh Manager Coorporate Affair Coca Cola Amatil Indonesia Central Sumatera Tengah, Rini Handayani dan diterima Kepala Cabang PKPU Padang Faridansyah, pada Jumat, 29 Oktober 2010 dalam program “Peduli Mentawai”.
Sebelumnya Coca-Cola Foundation Indonesia sudah melakukan bantuan serupa dengan menggandeng mitra afiliasi dari luar negeri untuk meringankan beban korban musibah gempa di Nias dan Aceh, program bantuan terhadap korban gempa di Yogyakarta dilakukan dengan memperoleh bantuan dari Coca-Cola Jepang. Bedanya waktu itu Coca-Cola Foundation Indonesia dan Coca-Cola Foundation USA belum bermitra dengan PKPU.
Coca-Cola Foundation Indonesia akan terus berkiprah dalam lapangan sosial di Indonesia seiring dengan perjalanan operasi bisnis perusahaan itu di negeri ini. Dengan secara resmi membentuk yayasan sejak tahun 2000, hal itu sekaligus penegasan komitmen untuk terus secara nyata berpartisipasi melakukan pengembangan program CSR di bumi pertiwi. (PKPU/Acep/Yus/CCFI)